Monday, September 1, 2014

Ketika Jatuh pilihan itu #Luruskan niatmu itu kawan ............

Bismillah,
 
  ”Sesungguhnya orang-orang yang beriman dan beramal saleh, kelak Allah Yang Maha Pemurah akan menanamkan dalam (hati) mereka rasa kasih sayang.” (QS 19: 96).

Untaian nasehat dalam video yang disampaikan  oleh  syaikh Muhammad Mukhtar asy-Syinqithi hafizhahullaah ketika beliau  ditanya: "Wahai Fadhilatus-syaikh, saya seorang pemuda yang telah beberapa kali melakukan pelamaran (untuk menikah) namun selalu saja ditolak, sehingga aku merasa dunia ini sempit." nasihat beliau sungguh akan menjadi penghibur, bagi mereka untuk kembali meluruskan niat .

Beliau mengingatkan 3 faedah penting yang saya tuliskan disini : ...


1. Ketahuilah(berilmu) dan Berhati-hati terhadap masalah ini.
Dari Hudzaifah Ibnul Yaman radhiallahu ta’ala ‘anhu berkata: Manusia bertanya kepada Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa sallam tentang kebaikan, sedangkan aku bertanya kepada beliau tentang keburukan karena khawatir jangan-jangan menimpaku.

Fitnah yang dikhwatirkan oleh  Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa sallam adalah tentang WANITA
Diriwayatkan dari Hudzaifah r.a Fitnah-fitnah itu mengenai hati, seperti dipintalnya tikar batang per batang. Jika kamu menyerap fitnah itu, maka padanya tertulis satu titik hitam. Jika hati itu mengingkarinya, maka padanya tertulis titik putih. Keduanyapun menjadi dua macam hati, yaitu hati yang hitam kelam, yang tidak mengetahui kebaikan juga tidak mengingkari kemungkaran, kecuali yang sejalan dengan hawa nafsunya, dan hati yang putih bersih, yang tidak dapat diganggu oleh fitnah selama ada langit dan bumi. 
Ketika seseorang menarik hati mu dan engkau menginginkan dia untuk menjadi istri maupun suami, pertama-tama yang akan engkau lakukan adalah memohon petunjuk kepada Allah dengan istikharoh agar Allah Subhana Wa Ta'ala memberikan jawaban yang terbaik.


        Sampaikan Niatmu itu , dengan mengharap keridhoan Allah swt, untuk melaksanakan suatu perkara ibadah.

2. Berprasangka Baik pada Allah
"Boleh jadi kamu membenci sesuatu padahal ia amat baik bagimu dan boleh jadi pula kamu menyukai sesuatu padahal ia amat buruk bagimu, Allah mengetahui sedang kamu tidak mengetahui"
[Qs. 2: 216].
    
Kita MERANCANG dan Allah juga merancang ,namun perancangan Allah itu yang TERBAIK .  Ketika apa yang kehendaki tidak sesuai dengan apa yang kita inginkan (ditolak) , maka kitaserahkan segala urusan itu pada takdir Allah.


3. Bersabar
     “Maka bersabarlah kamu untuk (melaksanakan) ketetapan Tuhanmu.” (76:24)

Yakinlah kita bahwa :
Ada tiga golongan manusia yang berhak Allah tolong mereka, yaitu seorang mujahid fi sabilillah, seorang hamba yang menebus dirinya supaya merdeka dan seorang yang menikah karena ingin memelihara kehormatannya". (HR. Ahmad)

Semoga rekan-rekan, saudara, dan para sahabat saya yg belum diberikan jodoh segera mendapatkan jodoh. Bagi yg laki2 semoga dapat yg shalihah, bagi yg perempuan semoga dapat yg shalih dan diberikan keturunan yg senantiasa taat kepada Allah dan Rasul-Nya shallallahu 'alaihi wa sallam.
Aamiin. (doa dari seorang sahabat)